Kamis, 29 Maret 2018

ANALISA PEDAGANG (KEWIRAUSAHAAN)



Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan Wawancara Penjual Penyetan Lamongan




Nama kelompok :
1.      Shoumatus Shahroqah                        (150311100073)
2.      Novi Nur’aini                          (150311100060)
3.      Ahmad Mukari                        (150311100047)
4.      Fajar Maulana                         (150311100068)



PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO
MADURA
2018



Wawancara 

                                           Gambar: wawancara


Warung penyetan Lamongan tentu saja sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena hampir di seluruh daerah warung penyetan Lamongan mengisi jalan-jalan dan berbagi tempat yang strategis untuk berjualan. Begitu juga ibu Sumarli dan pak marwi asal Lamongan yang telah berjualan penyetan lamongan di daerah Kamal Kabupaten Bangkalan Kepulauan Madura sudah hampir 7 tahun. Usaha penyetan Lamongan yang selama ini ditekuni beliau mengalami pasang surut pelanggan karena didaerah tersebut merupakan area kampus, sehingga apabila waktu aktif kuliah hampir ramai setiap hari namun ketika libur panjang sudah datang warung tersebut akan sepi pelanggan. Ibu Sumarli sempat membuka cabang penyetan Lamongan di tempat lain namun banyak mengalami kerugian, sehingga beliau memutuskan untuk cukup membuka warung satu saja dan dikelola bersama suaminya dan ditambah dengan 2 pekerja untuk membantunya setiap hari.
Motivasi ibu untuk membuka warung penyetan Lamongan adalah beliau merupakan orang asli Lamongan sehingga, semangat beliau terpacu untuk membuka warung penyetan karena mengingat banyak sekali orang Lamongan yang sukses dengan membuka usaha warungan atau tempat makan lainnya. juga beliau ingin melestarikan makanan khas yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia yakni penyetan dan soto lamongan. Selain menjual berbagai jenis penyetan lamongan beliau juga menjual nasi campur, rawon, soto dan ayam geprek. Kalau dilihat dari menunya ada beberapa yang mengikuti zaman seperti ayam geprek yang sekarang banyak digemari oleh anak-anak muda. Strategi tersebut juga digunakan agar warungnya tidak kalah saing dengan warung lainnya sehingga terus memberikan inovasi baru namun menu lama tidak di lupakan.
Modal yang digunakan per hari yang digunakan bisa mencapai 1,5 juta. Modal tersebut sudah bisa untuk membeli beras, lauk dan keperluan lainnya untuk sehari jualan. Modal tersebut dapat habis dalam sekali belanja sehari. Dengan jam buka warung sekitar jam 08:00 a.m dan tutup pada 11:00 p.m. Omset perhari tidak dapat diprediksi karena kebanyakan uang yang didapat dalam sehari langsung dibeda- bedakan ada yang untuk balik modal ada juga yang ditabung untuk keperluan anaknya sekolah. Untuk sistem hutang dulu beliau sempat ada pelanggan yang hutang, sama beliau dilayani karena orang tersebut benar-benar tidak ada uang. Namun, untuk sekarang sudah jarang dan hampir tidak ada yang mengutang.

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

teknik sambung susu tanaman semangka (citrullus vulgaris)

tekni sambung merupakan teknik vegetasi untuk menigkatkan buah dan mempercepat umur berbuah serta memperbaiki ketururnan sesuai induknya ata...